Secuil Cerita di Kota Istimewa

Beberapa waktu belakangan ini, suka seliweran video tentang Yogya di timeline Instagram gue. Cerita sedikit tentang background gue, dulu gue kuliah di salah satu universitas swasta yang ada di Yogyakarta, di Sleman tepatnya. Gue masuk tahun 2014 dan lulus tahun 2019, jadi bisa dibilang udah 2 tahunan ninggalin Yogya dan segala isinya. Pas liat video-video yang lewat, otak auto flashback sambil inget pengalaman waktu keliling Yogya buat ngurus tugas kuliah ataupun sekedar jalan-jalan dan refreshing menikmati setiap sudut kotanya. Selain itu, teringat juga masa awal-awal jadi anak rantau di kota istimewa ini.

Gue lahir, besar sampai SMA di Palembang. Buat yang ga tau Palembang di mana, Palembang itu di pulau Sumatera bagian selatan ya. Terbiasa dengan budaya yang serba cepat dan ngomong dengan nada yang tinggi sudah menjadi makanan sehari-hari buat gue. Dari masuk SMA, gue memang sudah bertekad untuk merantau pas kuliah supaya bisa lebih mandiri dan sebenarnya juga menjadi ajang pembuktian ke diri gue sendiri bahwa gue bisa kok manage diri gue sendiri dan being independent. Ditambah dengan dukungan orang tua jadi hal ini tidak boleh dilewatkan dan menjadi salah satu decision terbaik yang pernah gue buat. Gue sebenarnya mendaftar ke beberapa universitas yang ada di pulau Jawa tapi pengumuman penerimaan tercepat yang gue dapatkan adalah dari universitas tempat gue kuliah so I took it. 

Waktu awal-awal di Yogya, gue yang terbiasa menggunakan bahasa Palembang harus mengubah bahasa gue at least menjadi bahasa Indonesia supaya bisa dimengerti oleh orang-orang yang ada di sana. Kata temen-temen gue, kalo gue ngomong itu ga ada logat daerahnya. Banyak teman gue juga tertipu dengan cara gue ngomong dan ga ada satupun yang ngira gue dari Palembang even dari pulau Sumatera, kebanyakan bilang gue dari Jakarta, Surabaya dan ada juga yang bilang gue orang Manado wkwkwkwk. Kalo masih tahapan ngubah bahasa Palembang ke bahasa Indonesia sih masih ok ya bun.

Dalam kehidupan sehari-hari memang banyak orang yang bicara menggunakan bahasa Indonesia tapi banyak sekali juga orang yang ngomong pake bahasa Jawa, ya iyalah kan di pulau Jawa ye kan. Inget banget waktu gue ospek, satu kelompok isinya 10 orang, 9 orang dari pulau Jawa dan gue satu-satunya yang nyempil dari Sumatera. Setiap hari temen-temen gue ngobrol pake bahasa Jawa dan gue ga ngerti apapun yang mereka omongin, jadi setiap kali mereka ngobrol atau diskusi, teman gue yang perempuan akan berubah jadi translater dadakan supaya gue ngerti apa yang mereka obrolin.
 
Penderitaan ini masih berlanjut di semester awal gue kuliah. Temen-temen kampus gue datang dari Sabang sampe Merauke, macem-macem banget tapi lumayan banyak juga yang dari pulau Jawa jadi ngomong sehari-hari pake bahasa Jawa juga. Beruntungnya, gue ketemu dengan teman-teman yang baik hati jadi mereka juga berubah menjadi translater dadakan kalo ada orang ngomong atau dosen yang lagi ngajar pake bahasa Jawa. Menurut gue, belajar bahasa Jawa adalah hal yang memorable sih karena gue belajar dari pertama kali merantau sampai akhirnya gue memutuskan untuk pulang ke kampung halaman. Gue inget banget, waktu semester dua kuliah, gue sampe nyatetin tuh kata kerja yang biasa dipake dalam bahasa Jawa terus gue hafalin supaya paham sedikit-sedikit kalo orang ngomong. Mulai dari semester 3, tugas kuliah hampir semuanya kelompok. Gue selalu kelompokan sama temen-temen yang dari pulau Jawa jadi semua isi chat atau conversation sehari-harinya menggunakan bahasa Jawa. Dari sinilah gue belajar dan bisa ngerti bahasa Jawa sehari-hari karena terbiasa ngobrol dan ngedengerin temen-temen gue ini.
 
Kalo tadi bahasa, hal kedua yang berbeda banget dengan kampung halaman gue adalah gaya bicara, gaya makan dan gaya jalan. Gue yang lahir di Sumatera sudah terlatih untuk apa-apa serba cepat, ngomong cepet, makan cepet dan jalan cepet. Ada satu pengalaman gue pas semester 2, waktu itu gue ambil satu matakuliah yang diajar oleh seorang bu dosen dari kampus prodi lain. Gue tau ibunya orang Jawa karena dari logat bahasanya ketika menyampaikan materi. Pas pertemuan pertama pasti isinya perkenalan kan, bu dosennya ngomong super duper halus dan pelan sekali. Seumur-umur gue hidup, baru pertama kali gue bertemu dengan orang yang bisa ngomong sehalus dan sepelan itu, salut sama ibunya. Alhasil, selama kelas, gue merasa ngantuk karena kayak dibacakan dongeng sama ibunya wkwkwkkw. Jangan ditiru ya guys.
 
Lanjut ke gaya makan. Pas awal-awal masuk kuliah, kampus gue maketin matakuliah untuk maba-maba semester satu jadi gue sekelas dengan orang-orang yang sama terus selama satu semester. Waktu itu gue dapetnya kelas B. Gue dan banyak temen kelas gue suka makan siang bareng abis kelas supaya lebih akrab dan kenal satu sama lain. Setelah beberapa kali pergi makan, gue menyadari bahwa gue selalu habis duluan makannya daripada temen-temen perempuan gue yang lain karena ya kebiasaan dari dulu ya gitu. Gue suka merhatiin temen-temen perempuan gue terutama yang dari pulau Jawa dan menurut hasil observasi gue, kalo mereka makan, mereka sangat menikmati tiap suapan yang masuk ke mulut mereka, pelan-pelan dan juga santun kalo makan, ga bar-bar kayak gue wkwkwk. 
 
Karena rumah makan yang bisa menjadi tempat tongkrongan kami ada di samping dan belakang kampus, jadi kami biasa jalan kaki ke sana. Gue tipikal orang yang kalo jalan itu ga bisa pelan-pelan, mana kalo siang kan juga panas jadi pengennya cepet sampe di tujuan. Setiap kali jalan sama temen-temen gue, gue selalu jalan paling depan sedangkan temen-temen gue di belakang. Terkadang jarak antara gue sama mereka udah jauh banget wkwkwkw. Temen gue sering bilang, "Pelan-pelan toh!", sepertinya gue jalan kayak Flash karena kebiasaan jalan ngebut kagak pake rem wkwkwk.

Selain itu, makanan juga menjadi salah satu hal yang punya cerita tersendiri. Waktu pindah ke Yogya, gue udah dikasih tau, kalo notabene makanan khas Jawa itu cenderung manis sedangkan lidah Sumatera gue lebih condong ke makanan yang asin dan gurih. Inget banget pengalaman pertama kali gue makan Gudeg. Waktu itu semester 2 juga kalo ga salah, temen gue ngajak makan Gudeg karena gue belum pernah nyobain. Kata temen gue, Gudeg yang mau dituju itu Gudeg Solo jadi ga terlalu manis. Karena baru pertama kali,  gue pesen menu yang sama dengan teman gue. Pas suapan pertama, rasanya manis pake banget. Gue cuma bisa makan setengah porsi dan alhasil pas sampe di kos malah keluar lagi makanannya karena manis banget. Setelah itu, gue tetep pantang menyerah untuk nyobain Gudeg. Pernah lagi diajak temen yang lain makan Gudeg eh taunya pedes poll. Beberapa waktu terakhir di Yogya, gue makan Gudeg beberapa lagi dan dapet yang ga terlalu manis, ada gurihnya dan pas banget di lidah gue. Akhirnya merasakan Gudeg yang enak dan bisa bikin gue nagih dengan tiap suapannya!.
 
Selain Gudeg, baru di Yogya juga gue liat berbagai jenis jeroan. Mulai dari ceker sampe kepala ayam semuanya ada di berbagai rumah makan di sana. Gue seumur-umur ga pernah liat dan ngerasain jeroan kecuali hati ayam. Gue baru tau juga kalo kepala ayam bisa dimakan dan ngeliat orang makan kepala ayam langsung di depan mata gue karena waktu itu temen gue pesen dan makan pas di depan gue. Jeroan yang disajikan di sana bisa dalam bentuk sate atau jadi topping masakan tertentu. Gue pernah nyobain usus yang digoreng kering dan ternyata enak juga. Kalo untuk jeroan yang lain gue ga pernah nyobain karena udah geli duluan pas ngeliatnya.
 
Beginilah secuil cerita pas gue ada di Yogya. Masih banyak lagi cerita yang kalo diceritakan ga bakal selesai-selesai. Gue nulis ini sambil ngedengerin lagu Sesuatu di Jogja jadi makin kebayang dan kangen suasana di kota istimewa ini. Kata orang, "Yogya itu terbuat dari rindu." apalagi buat kalian yang punya banyak momen di berbagai sudut kotanya. Setiap jalan yang dilalui pasti memiliki cerita yang tersendiri. Waktu akhirnya melepas Yogya dari genggaman, rasanya aneh dan sedih sekali karena biasanya pulang untuk kembali tapi untuk kali itu, pulang untuk memulai perjalanan baru lagi. Semoga suatu hari nanti bisa kembali berkunjung untuk mengobati kerinduan dan membangunkan kembali memori di dalam diri.
 
 






Comments

Popular Posts